Celaka, 6 hal yang Akan Terjadi Jika Bumi Tanpa Bulan

132 views

Sidakpost : Gravitasi bulan dan matahari yang mempengaruhi pasang surut air laut di bumi juga berperan dalam kehidupan manusia.   “KESETIAAN” bulan mengelilingi bumi membuat bumi menjadi lebih stabil ketika berotasi, kata Direktur Observatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat Premana Wardayanti Premadi.

Peran bulan dalam membantu menjaga kestabilan bumi saat berotasi berdampak besar terhadap kehidupan manusia. “Dengan gravitasi bumi yang tidak seragam –ada gunung hingga samudera dalam– bumi akan rentan untuk wobbling di dalam berotasi,” kata Premana, akrab disapa Nana, di webinar bersama Komunitas Tintin Indonesia,

 

Jika bumi tidak stabil saat berputar, manusia dan makhluk yang tinggal di sana akan sulit beradaptasi. Sebab, tidak ada keteraturan yang terjaga seperti musim yang akan lebih acak.  Dosen Program Studi Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB) juga bicara tentang dampak bulan terhadap bumi dan seisinya. Gravitasi bulan dan matahari yang mempengaruhi pasang surut air laut di bumi juga berperan dalam kehidupan manusia. Posisi bulan terhadap bumi akan mempengaruhi pasang dan surut air laut, sebuah pola alam yang jadi patokan aktivitas makhluk hidup. “Misalnya ada penyu yang bertelur pas purnama, telur dibawa lagi ke laut pas saat yang betul-betul memakai ritme pasang surut ini. Para pelaut juga tahu betul ini (pasang surut air laut),” ujar ilmuwan yang namanya diabadikan sebagai nama asteroid, Asteroid 12937 Premadi. Di tempat yang belum terjangkau listrik, bulan adalah sumber penerangan untuk aktivitas di luar ruangan pada malam hari.

Tanpa bulan, manusia bisa jadi hanya mengenal hari dan tahun karena satelit alami bumi ini berfungsi juga sebagai penala waktu. “Bulan (month) jadi penala waktu yang lebih besar dari hari, tapi lebih kecil dari tahun. Bisa dipakai di kalender Masehi dan Hijriah. Penting untuk aktivitas manusia,” katanya. Seperti dilansir Mediaindonesia

selain itu ada 4 hal lain yang akan terjadi di bumi tanpa bulan

1. Langit Malam Akan Terang Secara Natural

Begitu Bulan hilang, objek paling terang yang ada di Tata Surya adalah Matahari. Pada malam hari, kita hanya akan melihat cahaya Bulan dan Bintang.

Padahal, Matahari secara alami lebih terang 400.000 kali dibandingkan dengan Bulan. Jika Bulan tak lagi ada di Tata Surya, tak menjadikan Bumi gelap gulita.

Benda lain di langit masih dapat memantulkan sinar Matahari ke Bumi. Bahkan, malam-malam di Bumi akan lebih terang secara natural.

2. Tidak Akan Ada Fenomena Gerhana

Mau itu gerhana bulan ataupun gerhana matahari total tidak akan pernah terjadi apabila satelit alami Bumi tidak ada lagi di Tata Surya.

Lazimnya, fenomena gerhana membutuhkan tiga objek untuk disejajarkan: Matahari, planet dan bulan. Tetapi tanpa bulan sama sekali, tidak ada yang bisa terjadi.

3. Gelombang Laut Akan Kecil

Efek lain yang akan muncul apabila Bulan tak lagi ada di Tata Surya adalah tidak adanya pasang surut air di laut.

Gelombang di pantai pun juga tidak akan besar. Walaupun di Bumi masih akan ada pasang surut air laut yang disebabkan oleh Matahari, namun ukurannya sangatlah kecil.

 4. Lebih Sering Dibombardir oleh Meteor

Jika bumi tanpa bulan, maka planet yang kita tinggali ini juga akan lebih sering dibombardir oleh meteor. Ini karena tidak ada lagi gravitasi bulan yang menarik benda-benda luar angkasa yang lewat di dekat bumi. Batuan yang berada di luar angkasa juga tertarik oleh gravitasi bumi. Jika kecil, batu itu akan terbakar di atmosfer bumi. Berbeda halnya jika ukuran batu itu cukup besar, itu akan jatuh ke permukaan bumi.

Meteorit itu menciptakan lubang kawah di permukaan bumi. Jika dampaknya berlanjut, maka bumi tidak lagi aman untuk ditinggali. Karena itu, jika bumi tanpa bulan, bisa dibayangkan betapa mengerikannya. Bulan sangat penting dalam mendukung kelangsungan hidup di bumi.

  1. Kemiringan Bumi

Tanpa bulan, kemiringan bumi akan berubah. Para ilmuwan memperkirakan bahwa bumi akan menjadi lebih miring dari biasanya. Akibatnya, es di kutub akan mencair karena lebih sering terkena sinar matahari. Selain itu, iklim bumi juga berubah secara drastis.

  1. Rotasi Bumi Lebih Cepat

Hal lain yang akan terjadi jika bulan tidak lagi menyertai Bumi adalah mempercepat perputaran bumi. Alasannya, bumi tidak lagi terpengaruh oleh tarikan gravitasi bulan. Rotasi bumi yang lebih cepat dari biasanya menyebabkan angin yang berhembus di permukaan bumi menjadi lebih kencang.

 

 

Author: 
    author

    Related Post