Desa Bumi Ratu Laksanakan Program PKT

1133 views

SIDAKPOST-LAMPUNG UTARA-Program pembangunan Desa melalui Dana Desa 40 % tahap awal Tahun Anggaran 2020.

Kepala Desa. Desa Bumi ratu, Kec. sungkai selatan .Kab. Lampung Utara, Idi kesuma. Bersama warga telah melaksanakan program Padat Karya Nyata (PKT) Dengan di laksanakan oleh tim TPK desa bumi ratu, Memprioritaskan penanganan Covid-19 dan pembangunan infrastruktur Desa setempat , saat di temuai di rumah nya jumat (15/05/2020).

Menjelaskan telah melaksanakan dan mengikuti anjuran Pemerintah, Desa bumi ratu telah melaksanakan Padat karya Nyata (PKT) tahap awal tahun 2020 guna penanganan Covid-19 dan pembangunan infrastruktur berupa jalan onderlah di Dusun VII ,Pemasangan papin blog di halaman kantor desa, pembuatan jabanisasi di 137 rumah yg warga nya blum layak dan pemasngan 4 Gorong-Gorong desa bumi ratu.

Mengingat pandemi Covid-19 yang saat ini sedang merebak dan mengancam kesehatan warga,serta penanganan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kades bumi ratu idi kesuma telah membagikan kepada warga berupa masker,sarana cuci tangan , sabun cair , handsanitilizer , serta penyemprotan disinfektan ke tiap rumah warga, dan membangun posko penangan covid 19 di desa bumi ratu.

Waktu di temui salah satu Kepala Dusun Desa bumi ratu , dan di tanyai beberapa warga lainnya menuturkan, ” bahwa program penanganan Covid-19 dan pembangunan jambanisasi 137 ,jalan onderlah. serta pembangunan gorong-gorong merupakan prioritas kebutuhan dan kesepakatan bersama warga hasil musawarah.

Pembangunan jambanisai 137, jalan onderlah serta gorong-gorong yang di prioritaskan oleh kepala Desa Idi kesuma, yg telah di mufakati bersama, penting nya pembngunan jambanisasi untuk kepentingan dan kesehatan warga nya yg blum layak dan gorong-gorong itu juga untuk memperlancarkan aliran air serta untuk menghindari mudah rusaknya jalanan yang sering kami lewati, mudah – mudahan yang di prioritaskan oleh kepala desa tersebut dapat membantu warga dan bermanfaat bagi warga desa bumi ratu.” Ungkap masarakat yang kami tanyai di desa bumi ratu.

Sementara Kepala Desa bumi ratu idi kesuma. membenarkan apa yang di sampaikan oleh warga masyarakat Desa bumi ratu bahwa program penanganan Covid-19 dan pembangunan insfrakstruktur pembangunan jambanisasi ,jalan onderlah serta gorong- gorong merupakan kesepakatan bersama masyarakat desa. Seperti pengalihan anggaran DD 40% tahap awal tahun 2020 untuk penanganan Covid-19 menjadi salah satu program prioritas, sebab sarana penanganan Covid-19 adalah program prioritas guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang mana sudah di ajurkan pemerintah yang saat ini mengancam kesehatan warga. Tegas pak idi kesuma saat di temui langsung di kediaman nya.

Idi kesuma juga telah menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa bumi ratu, agar di tengah pandemi Covid-19 saat ini, di harapkan kepada masyarakat agar dapat mematuhi segala aturan yg di anjurkan pemerintah, seperi tidak melakukan perjalanan jauh, menghindari keramaiyan yg berpotensi penyebaran Covid-19, memakai masker apabila keluar rumah, serta biasakan pola hidup bersih dan sehat sesuai dengan anjuran seperti mencuci tangan mengunakan sabun antiseptik setelah melakukan aktivitas di luar rumah, dan menjaga lingkungan rumah selalu bersih.

Selanjutnya idi kesuma juga telah menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa bumi ratu agar dapat merawat seluruh hasil pembangunan di desa Suka Maju karena menjaga dan merawat hasil pembangunan adalah tugas kita bersama warga desa, kalau bukan kita yang merawat hasil pembangunan desa kita sendiri siapa lagi. Tutup Kades bumi ratu idi kesuma.

W. Rinal. S

Author: 
    author

    Related Post