Dinas Perikan dan Peternakan Bersama Bupati H.lanosin S.T. Laksanakan Kegiatan Vaksin PMK dan Tanam Cabai

179 views

Oku timur, sidakpost.co.id

Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Perikanan dan Peternakan melaksanakan kegiatan vaksinasi para hewan untuk mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Kegiatan yang disaksikan langsung oleh Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T. dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian  Provinsi (BPPP) di Desa Peracak Kecamatan Bunga Mayang. (Senin, 04/6/2022)

Bupati Enos berharap, dengan adanya vaksinasi ini, maka hewan ternak khususnya Sapi/Kerbau di Kabupaten OKU Timur terhindar dari PMK, mengingat di daerah lain sudah banyak hewan ternak yang terjangkit PMK.

Beliau juga menjelaskan jumlah dan jenis vaksin yang digunakan di Kabupaten OKU Timur, “Vaksin yang kita dapat yakni vaksin Aftopor yang di produksi di Perancis, adapun jumlah yang kita dapat sebanyak 1.900 vaksin”

Setelah melakukan vaksin terhadap hewan, Bupati yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Jumadi, S.Sos., Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, korlap pertanian Bunga Mayang ,Wakapolres Oku timur ,Kapolsek  Martapura ,Kepala BPPP, Forkopimda, Camat Bunga Mayang, Kepala bank sumsel  serta beberapa kelompok tani melakukan kegiatan tanam cabai perdana di lahan seluas 7,5 Hektar oleh Perhiptani Sumsel.

Pada kegiatan tanam cabai ini Bupati Enos menyampaikan bahwa kegiatan ini sifatnya edukasi, dalam tanam cabai ini juga dicoba jenis pupuk dari ecopark serta dompea dan jika berhasil maka akan disebarkan di masyarakat Kabupaten OKU Timur.

Kepala BPPP Listoyo S.P.S.E.M.Si. juga menambahkan penanaman cabai ini yang perdana dan di tanam di lahan seluas 7,5 ha .jenis cabai yang di tanam yaitu cabai ledo keriting.
Cara penanaman nya ada dua fase yaitu pertama dengan cara di semai terlebih dahulu dan yang kedua dengan cara langsung tanam biji nya.
Cabai Ledo keriting akan Panen setelah umur 3 bulan 10 hari jelas nya.

Listoyo menambah kan kisaran biaya dan hasinya adalah  “Satu batang cabai rata-rata menghasilkan 1kg sampai 1,3Kg, adapun biaya yang di perlukan untuk menanam cabai ini yaitu 1 batang cabai berkisar Rp. 7.000, jadi jika harga cabai /kg 30.000 maka keuntungannya bisa mencukupi kehidupan petani Pungkasnya.

Hengki  wagino

Author: 
    author

    Related Post