KO-WAPPI Lampung : Diklat Untuk Membentuk Wartawan yang Handal dan Siap Pakai

593 views

Sesi foto bersama penggurus KO-WAPPI Lampung dan jajaran Forkopinda Lampung.

BANDAR LAMPUNG -(sidakpost)-

Dewan Pimpinan Wilayah Komite Wartawan Pelacak Profesional Indonesia Provinsi Lampung menggelar pelatihan Jurnalistik Tingkat dasar,   hal ini adalah untuk meningkatan kapasitas wartawan dalam Memproduksi Berita yang baik dan akurat, guna memenuhi kebutuhan informasi yang berkualitas bagi publik dan membangun masyarakat demokratis. Ungkap Ketua DPW Hasan E. S Nage, AMD

Juniardi saat menyampaikan materi pada diklat Jurnalistik Tingkat dasar.

Acara bertajuk “membentuk wartawan yang handal dan Siap Pakai, Acara Dilaksanakan Di Gedung AEKI Teluk Betung Utara Bandar Lampung Senin (25/7/2022).

Dalam acara ini hadir Gubernur Lampung Arinal Djunaidi diwakili Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Lampung Ganjar Jationo dan sekaligus membuka  Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar  (DPW)  (KOWAPPI) Provinsi Lampung Tahun 2022.

Jajaran Calon Pengurus DPD KO-WAPPi Kota Bandar Lampung

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Lampung Ganjar Jationo menyampaikan ucapan selamat atas pelaksanaan Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar DPW KOWAPPI Provinsi Lampung,

“Saya mengucapkan selamat atas dilaksanakannya Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Komite Wartawan Pelacak Profesional Indonesia (KOWAPPI), sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme, wawasan dan etika wartawan dalam melaksanakan tugas jurnalistik.” Ungkapnya.

Selain itu Ganjar Jationo menyampaikan harapan Gubernur Lampung atas pelaksanaan Diklat Jurnalistik ini sebagai salah satu upaya meningkatkan sumber daya manusia dalam dunia pers,  ini tentunya akan membawa kemajuan terhadap dunia jurnalistik Provinsi Lampung dalam membina jurnalis agar lebih bertanggung jawab, profesional dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

Gubernur Lampung melalui Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Lampung juga mengajak para jurnalis untuk menunjukkan sikap optimistisme dan profesional ditengah situasi pandemi ini agar ekonomi masyarakat dapat aktif, kepercayaan publik juga terlihat, pembangunan dapat berjalan sehingga akan terjadi pembangunan mental rohani maupun pembangunan fisik di masyarakat

Diakhir, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Lampung Ganjar Jationo menyampaikan pesannya secara pribadi,

“Hati-hati dan mari kita menjaga seluruh kepercayaan publik kepada instansi pemerintah maupun dari masyarakat ke masyarakat. Hati-hati dalam penyampaian berita hoax atau informasi yang belum terkonfirmasi kebenarannya karena itu punya dampak yang luas di era digital ini.” pesannya.

Hadir dalam Diklat tersebut, Walikota Bandar Lampung diwakili oleh Kadis Kominfo Kota  Bandar Lampung Ahmad Nurizki Erwandi, Kapolda Lampung diwakili Kasubbid Penmas Bidang Humas Polda Lampung AKBP Rahmat Hidayat, Kajati  diwakili  Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Lampung, Kejati Lampung  I Made Agus Putra Adnyana dan Mewakili Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Ruslan Effendy, S.I.P, Pgs. Kepala Penerangan Korem 043/Gatam Mayor Cpm (K) Eva Yuniar Kamal, S.E

Dalam acara Sesi Kedua di lanjutkan Pendidikan dan Latihan yang di buka oleh Pembina DPW KOWAPPI Lampung. Prof. DR. H Damrah Khair, MA sekaligus beliau menggisi Materi Pertama dengan judul Materi Pengertian Jurnalistik dan Menjadi wartawan Profesional daN siap pakai.  Pemateri kedua di sampaikan oleh DR. Yaman, SH, MH Praktisi Hukum, Dengan pembahasan Materi UU. PERS No 40 tahun 1999 tentang pers, KUHP dan KUHAP.

Adapun dilanjutkan pemateri ke ketiga Disampaikan oleh Juniardi, S. IP, MH Pengiat Pers Lampung yang juga Pimpinan Redaksi Sinarlampung. Co.  Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Dilain sisi salah satu perserta mengatakan kepada sidakpost kegiatan ini sangat kami nantikan untuk meng upgrade ilmu yang sudah kami proleh selama ini.

Saya sangat puas dengan materi-materi yang di sampaikan sangat membantu kami dan menjadi bekal untuk menjalankan tugas sehari-hari.

Dan yang tidak kalah penting adalah pengisi materi nya sangat bagus-bagus dan memiliki latar belakang yang sangat mumpunib seperti pak Prof.Damrah yang mantan Rektor UIN Raden Intan,  ada Bang Juniardi yang juga sangat terkenal membela Wartawan di Lampung.  Ada juga DR.  Yaman yang juga praktisi Hukum dilampung jadi sangat bermanfaat terang salah satu perserta kepada sidakpost. @red

Author: 
    author

    Related Post