MENCEGAH DISKRIMINASI SERTA KRIMINALISASI TERHADAP PREMPUAN DAN ANAK

567 views

OKISidakpost – Dalam rangka mendorong pemerintah, pemangku kepentingan dan Lembaga Penegakan Hukum untuk terlibat mendukung perlindungan anak dan pencegahan kekerasan dalam rumah tangga, perkawinan anak dan perlindungan anak, Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Kabupaten Ogan Komering Ilir menggelar Dialog santai lintas stakeholder dalam upaya mencegah diskriminasi dan kriminalisasi terhadap perempuan dan anak, bertempat di PM Cafe dan Resto, Senin (10/1/2022).

Ketua PGK OKI, Achik Muhrom S.Sos kepada wartawan mengatakan, kasus Kekerasan, diskriminasi dan kriminalisasi terhadap perempuan merupakan kasus yang menjadi perhatian serius karena terus mengalami peningkatan baik kuantitas dan kualitas dari waktu ke waktu.

Data Dinas PPPA OKI pada tahun 2021 menunjukkan sebanyak 24 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak dengan berbagai jenis kasus terjadi.

“Jumlah ini tentu bukan merupakan representasi kasus yang terjadi ditengah masyarakat karena selain masih ada lembaga lain yang menangani kasus tetapi juga masih banyak yang belum terlaporkan,” ungkap Muhrom.

Menurut Muhrom, fenomena kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak dalam berbagai situasi yang terus terjadi menjadi keprihatinan bersama bagi seluruh stakeholder/pemangku kepentingan.

“Peran stakeholder menjadi sebuah keharusan dalam berbagai upaya pencegahan dan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Atas kondisi ini menjadi sebuah kebutuhan khususnya bagi perempuan untuk melakukan berbagai diskusi dengan berbagai pemangku kepentingan agar dalam upaya penceahan dan penanganan kasus dapat bersinergi untuk kepentingan perempuan dan anak korban kekerasan,” urainya.

“Harapan kami dalam kegiatan ini adanya peningkatan kesadaran dari para peserta tentang perlindungan anak, pencegahan kekerasan dalam rumah tangga, perkawinan anak dan masalah ketidakadilan gender,” sambungnya.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri diantaranya Dandim 0402/OKI Letkol Hendra Saputra S.Sos, M.M, M.I.Pol, Kapolres OKI AKBP Dili Yanto yang diwakili oleh Kanit PPA Polres OKI Aipda Dedi Alpian, Kadispora OKI Muhammad Refly MS,S.Sos.,MM serta Kepala Dinas PPPA OKI Hj Arianti S.STP.,MM yang diwakili oleh Sekretaris PPPA Dwi Dian Ekawati SSos.

Sementara peserta yang hadir dalam kegiatan ini merupakan perwakilan dari mahasiswa dan pemuda di Kabupaten OKI beserta LSM dan awak media.( Dencik)

Author: 
    author

    Related Post