Dinkes Tubaba Lakukan Pembinaan Terpadu Pada UPTD Puskesmas

1243 views

Tubaba,Sidakpost.co.id-Dinas kesehatan kab. Tulang bawang barat tahun 2019 ini melakukan pembinaan terpadu pada UPTD Puskesmas Se-Kab.Tulang Bawang Barat.

dalam kegiatan Pembinaan tersebut melibatkan semua bidang yang ada di dinas kesehatan kab Tubaba, adapun tujuan pembinaan terpadu ini untuk meningkatkan mutu pelayanan puskesmas dan pencapaian peningkatan program-program dalam bidang kesehatan yang ada dipuskesmas.


dalam sambutan sekretaris dinkes Tubaba Majril, S.Kep.,Ns.MM memaparkan sudah ada 13 puskesmas yang dilakukan pembinaan terpadu dari 16 puskesmas yang ada di wilayah kerja dinkes tubaba, 2 diantara puskesmas tersebut yaitu UPTD Puskesmas Rawat Inap Mampu Poned yang Ada Di daerah Sukajaya Kec. Gunung Agung dan UPTD Puskesmas mampu poned Mulya Asri Kec. Tulang Bawang Tengah yang dilakukan pembinan secara intens,paparnya

hal ini dikarenakan 2 puskesmas tersebut akan dilakukan penilaian Re-akreditasi pada tahun 2019 ungkap Majril.

Dirinya pun mengatakan pembinaan terpadu ini akan dilakukan setiap tiga bulan sekali dengan memantau pencapaian program2 kerja, sarana dan prasarana, serta layanan kesehatan yang sudah berjalan di puskesmas agar lebih maksimal.

Kita semua berharap dengan pembinaan yang rutin dilakukan dapat memotivasi semua Puskesmas untuk menjadi lebih baik lagi, mengingat Puskesmas merupakan garda terdepan di masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan .

Untuk puskesmas yang akan Reakreditasi “Kami terus mengingatkan agar Puskesmas dapat berupaya memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, melaksanakan semua program2 kerja yg sudah ada akan dan selalu berupaya utk menjaga lingkungan yang sehat karena menjadi poin penting dalam penilaian yg akan dilakukan oleh komisi akreditasi kementrian kesehatan RI,” tegas majril.

Selain itu, dalam pembinaan yang dilakukan, Dinkes kab. Tubaba juga mengingatkan Puskesmas untuk melakukan implementasi terkait dokumen yang telah dibuat. Pasalnya, pihak penilai akan mengevaluasi terkait data dan keadaan yang sesungguhnya di lingkungan Puskesmas.

Untuk diketahui juga tahun 2018 ada 5 puskesmas yang telah dilakukan penilaian akreditasi , yaitu puskesmas rawat inap mampu PONED Daya murni kec. Tumijajar, puskesmas rawat inap kartaraharja kec. Tulang bawang udik, puskesmas rawat inap mampu PONED Toto Mulyo kec. Gunung terang, puskesmas rawat inap mampu PONED pagar dewa kecamatan pagar dewa dan puskesmas rawat inap mercubuana kec. Way kenanga. tuturnya

Jadi total puskesmas yang sudah terakreditasi 10 Puskesmas dari jumlah seluruhnya sebanyak 16 puskesmas yang ada di kabupaten tulang bawang barat.terangnya.(adv Herwan)

Author: 
    author

    Related Post