Emilia: Anak Muda Harus Peduli Dan Memberi Sesama

1540 views

BANDAR LAMPUNG-SIDAKPOST.CO.ID

Beberapa waktu lalu media online sidakpost mewawancarai ibu Emilia Dwi Maharani ibu muda ini berbagi cerita kepada sidakpost tentang arti dari kepedulian Rasa peduli adalah ibarat batu bata untuk bangunan yang bernama kasih. Tanpa adanya kepedulian tidak mungkin terdapat rasa kasih pada seseorang. Apa yang dimaksud dengan kepedulian? Kepedulian adalah kesanggupan untuk peka terhadap kebutuhan orang lain dan kesanggupan untuk turut merasakan perasaan orang lain serta menempatkan diri dalam keadaan orang lain (empati).

Peka yang dibicarakan di sini bukan dalam arti sifat orang yang perhatiannya tertuju ke dalam, kepada dirinya (self-centered) sehingga mudah tersinggung perasaannya, melainkan sifat orang yang perhatiannya tertuju keluar, kepada orang lain, yang mudah merasa iba kepada orang lain (extra-centered sensitivity).

Lebih lanjut Emilia yang alumnus FISIP Universitas Lampung UNILA ini mengatakan kepada sidakpost, bahwa kepedulian itu timbul dikarenakan saya pernah ada diposisi keluarga yang bisa dikatakan kurang mampu saat saya masih duduk dibangku sekolah saya selalu membantu kedua orang tua saya mencari tambahan penghasilan mulai berjualan kacang,Pulsa hingga berjualan Koran disaat itulah saya merasakan bahwa hidup ini begitu perlu banyak perjuangan tanpa sebuah perjuangan kita tidak akan mendapatkan apa yang kita ingginkan berangkat dari itu rasa empati dan kepedulian sesama itu tumbuh, banyak diluar sana masyarakat membutuhkan kita untuk saling berbagi dan memberi walau sekecil apapun itu pemberian kita akan sanggat berguna untuk mereka, saya mengajak semua teman-teman dapat meyisihkan penghasilan nya untuk dapat dibagi kepada sesama mereka yang membutuhkan.

Foto : Emilia Dwi Maharani

Lanjut Emilia yang saat ini bekerja di sebuah Bank BUMN mengatakan keinginan dia akan menjadi kegiatan rutinitas nya untuk berbagi kepada sesama walau tak bisa setiap hari kita bisa menyisihkan gaji kita setiap bulan nya. Karena saya belajar member ketika saya duduk di bangku kuliah setiap beasiswa saya keluar saya sisikan sedikit untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan hal itu saya lakukan dari semsester awal saya kuliah sampai semester akhir.

Disisi lain Emilia mengatakan Kepekaan dan kepedulian membuat orang melihat keluar dari dirinya, dan menyelami perasaan dan kebutuhan orang lain, lalu menanggapi dan melakukan perbuatan yang diperlukan untuk orang lain dan dunia di sekelilingnya.

Kepekaan dan kepedulian adalah nilai yang sangat penting dipunyai seseorang. Pada nilai ini terkait banyak nilai lainnya, antara lain: kedisiplinan, kejujuran, kerendahan hati, cinta kasih, keramahan, kebaikan hati, kebijaksanaan, dan sebagainya. Kebahagiaan yang dialami seseorang sebagian besar adalah hasil kepekaan dan kepedulian orang tersebut terhadap perasaan, kesempatan, dan kebutuhan orang lain dan dunia di sekitarnya.,”Pungkas nya.

 

 

Author: 
    author

    Related Post