Festival Tabot Bengkulu 2024 Berlangsung Meriah

1055 views

BENGKULU – Euforia Tahun Baru Islam 1446 Hijriah disambut meriah oleh ribuan masyarakat Bengkulu saat pembukaan Festival Tabut Bengkulu tahun 2024 yang dibuka langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada Sabtu (6/7) malam.

Festival Tabut ini merupakan acara kebudayaan tahunan yang selalu dinanti oleh masyarakat Bengkulu maupun luar Provinsi Bengkulu bahkan mancanegara.

Rangkaian acara dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu dan akan berlangsung selama sepuluh hari (hingga 16 Juli mendatang).

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam sambutannya mengatakan Festival Tabut masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) di Kemenparekraf RI, dan setiap tahunnya harus dapat digelar semeriah mungkin.

Gubernur berharap berbagai Festival yang digelar di tingkat Kabupaten seperti Festival Gurita di Kabupaten Kaur dan Festival Danau Nibung di Mukomuko juga dapat masuk dalam Karisma Event Nusantara.

“Festival Tabut bukan hanya Event yang menampilkan ragam kebudayaan dan kreasi dari Provinsi Bengkulu. Akan tetapi Festival Tabut ini juga diharapkan dapat menggerakkan perekonomian di Provinsi Bengkulu. Selain itu, kami mengharapkan seluruh kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu dalam membuat Event dapat menarik minat para wisatawan untuk datang ke Provinsi Bengkulu agar tujuan pergerakkan atau peningkatan Ekonomi terus meningkat kedepannya,” ujar Gubernur Rohidin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Bengkulu, Murlin Hanizar mengatakan Festival Tabut 2024 diikuti 120 sanggar seni se Provinsi Bengkulu serta 400 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan berharap Festival Tabut 2024 dapat diberikan kelancaran serta semakin mengangkat adat dan budaya Provinsi Bengkulu.

Author: 
    author

    Related Post