KONFERENSI PERS, WALI KOTA HELMI KELUARKAN KEBIJAKAN TERKAIT PENYEBARAN COVID-19

1402 views

Bengkulu – Wali Kota Kota Bengkulu Helmi Hasan didampingi Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bengkulu menggelar konferensi pers di Balai Kota Bengkulu Selasa lalu (24/3/2020).

Hal ini guna menetapkan berbagai kebijakan-kebijakan guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19 di Kota Bengkulu.

Wali Kota Bengkulu menetapkan kebijakan-kebijakan dalam mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 setelah menggelar rapat bersama Forkopimda, salah satunya Pemerintah Kota (Pemkot) akan menyiapkan dana untuk menyiapkan alat pelindung diri, masker dan handsanitizer.

“Dalam melakukan pencegahan penyebaran virus corona kita telah anggarkan sebanyak 5 miliar sesuai dengan permintaan Dinas Kesehatan Kota Bengkulu. Alokasi ini untuk pengadaan alat dan sebagainya. Kemungkinan juga bertambah sesuai kebutuhan atau perkiraan permintaan baru,” ujar Helmi.

Selain itu, Pemerintah Kota Bengkulu juga bekerja sama dengan Kepolisian Resort Kota Bengkulu untuk melakukan penjagaan ketat terhadap tiga pintu masuk Kota Bengkulu melalui jalur darat.

“Penjagaan ini akan dilakukan secara bertahap, sesuai dengan prosedur yang nantinya di tetapkan oleh Polres Kota Bengkulu. Hal ini sebagai upaya penanganan secara tepat agar penyebaran virus corona dapat diminimalisir, jika ada yang datang dari daerah zona merah covid 19 akan ada perlakuan khusus agar penyebaran virus ini dapat dipantau perkembangannya,” tegas Helmi.

Pemkot juga akan menetapkan kebijakan maklumat dari Polres Kota Bengkulu untuk mengimbau masyarakatnya agar tidak untuk berkumpul diluar.

“Dengan maraknya penyebaran virus corona kita akan cegah dengan mengimbau masyarakat agar tidak berkumpul dikeramaian, dengan keterbatasan yang ada, pemkot terus melakukan sosialisaai, dengan pencegahan secara maksimal,” imbuhnya.

PEMKOT BENGKULU TERUS LAKUKAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19

Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu terus melakukan berbagai upaya untuk pencegahan dan penanganan penyebaran virus corona. Salah satunya, Wali Kota Bengkulu menerbitkan Surat Edaran Nomor : 443.1/05/D Kes tentang Antisipasi Penyebaran Virus Corona Covid-19 di Kota Bengkulu.

Dalam surat edaran yang ditujukan kepada Gubernur Provinsi Bengkulu, Ketua DPRD Kota Bengkulu, Kepala Kepolisian Resort Kota Bengkulu, Kepala Kejaksaan Negeri Bengkulu, Komandan Distrik Militer Kota Bengkulu berisikan tentang imbauan kepada masyarakat umum di Kota Bengkulu

Di antaranya, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan mengimbau kepada Mall-mall atau tempat umum untuk menyediakan handsanitizer, untuk menghindari tempat keramaian untuk sementara waktu, selalu melalukan pengecekan suhu tubuh setelah kegiatan, setiap perkantoran harus menyiapkan handsanitizer untuk para pengunjung.

“Kita juga lakukan pembatasan dan pembatalan kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang, seluruh kebijakan tersebut berlaku sejak tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut atau dinyatakan telah aman dari penyebaran Covid-19,” tutur Helmi.

Ia meminta agar semua pihak diimbau untuk tetap tenang, tidak panik, tidak membuat dan atau menyebarkan informasi tidak benar atau tidak akurat yang bukan berasal dari sumber resmi.

“Menanggapi kasus ini terpenting kita harus senantiasa menjaga kesehatan serta melaksanakan perilaku hidup bersih sehat serta tetap menjaga stamina agar daya tahan tubuh terjaga. Salah satunya sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebagai sumber pertahanan pertama untuk menangkal penyebaran Covid-19 dan melakukan gerakan hidup masyarakat sehat (Germas),” ujarnya.

Dari segi pelayanan, Helmi mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu terus berupaya meningkatkan protokol-protokol dalam pencegahan virus corona dengan mempersiapkan ruang isolasi untuk masyarakat yang baru tiba ke Kota Bengkulu dari daerah zona merah corona, menyiapkan alat pelindung diri berupa masker, hand sanitizer, melakukan penyemprotan disinfektan. Terutama di tempat publik yang sering dikunjungi masyarakat.

Untuk diketahui, Pemkot Bengkulu telah menyiapkan beberapa posko pengaduan bagi masyarakat agar dapat menyampaikan informasi atau melaporkan kondisinya jika pernah bepergian ke daerah terjangkit Covid-19 atau sedang mengalami gejala batuk, pilek, demam. Posko-posko ini juga menerapkan pencegahan terhadap penyebaran virus covid-19 dengan melakukan pengecekan suhu tubuh, menyiapkan handsanitizer dan penyemprotan disinfektan.

WALI KOTA BENGKULU MINTA KESADARAN MASYARAKAT AKAN BAHAYA COVID-19

Upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik, dengan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan masing-masing. Serta mengurangi kegiatan di luar rumah apalagi mengikuti kegiatan yang melibatkan banyak orang. Hal ini disampaikan Wali Kota Helmi saat konferensi pers bersama Forkompinda pada Selasa (24/3/2020).

“Kita minta masyarakat tidak perlu panik, tetap waspada dalam mencegah penyebaran virus ini, pemkot akan bekerja maksimal untuk menangani penyebaran virus corona kita harapkan masyarakat harus tetap tenang. Serahkan dan percayakan kepada pemerintah,” seru Helmi.

Ia juga mengimbau kepada media massa, baik cetak dan elektronik hingga media online agar dapat menyampaikan informasi yang benar/akurat kepada masyarakat, melalui sumber resmi yang telah ditunjuk oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Hal ini penting, untuk mencegah simpang siur berita terkait perkembangan penyebaran Covid-19.

“Melawan virus Covid-19 kita harus bersama-sama melakukan pencegahan terhadap penyebarannya. Kesadaran masyarakat harus diutamakan, jaga kebersihan diri dan lingkungan untuk mencegah semua itu,” pesan Helmi.

(rls/adv)

Author: 
    author

    Related Post