Unila Gelar Seminar Ilmiah Optimalisasi Kesehatan Tulang Guna Meningkatkan Gerakan Masyarakat dalam Mewujudkan Indonesia Sehat

1064 views

BANDAR LAMPUNG,SIDAKPOST- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Lampung (Unila) gelar seminar ilmiah Optimalisasi Kesehatan Tulang Guna Meningkatkan Gerakan Masyarakat dalam Mewujudkan Indonesia Sehat, Kamis 31 Agustus 2023.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Bukit Randu Bandar Lampung ini dihadiri Rektor Universitas Lampung, Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni, rektor senior Unila, dan anggota pengurus Ikatan Keluarga Purnabakti Unila (IKPA).

Topik seminar yang diangkat pada hari ini menjadi urgensi dan penting untuk dibahas, hal ini karena kesehatan tulang bagi usia lansia sangat berpengaruh pada aktifitas di masa tua. Masalah kesehatan tulang dan sendi saat ini masih menjadi faktor utama penyebab keluhan dan nyeri kronik serta penurunan fungsi gerak di seluruh dunia. Oleh sebab itu seminar optimaliasi tulang ini hadir untuk memberikan wawasan mengenai antisipasi masalah kesehatan tulang dan sendi bagi lansia.

Ketua LP2M Unila, Dr. Habibullah Jimad, S.E., M.Si., dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini merupakan agenda dari LP2M untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) 5, terkait hasil luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bisa direkognisi dan diakui tingkat nasional maupun internasional.

“Selain untuk mecapai capaian IKU 5, kegiatan ini berguna untuk memberikan informasi kepada anggota IKPA agar bisa mengurangi bahkan terhindar dari masalah kesehatan yang diakibatkan oleh penurunan fungsi tulang” ujarnya.

Dr. Habibulah juga menyampaikan penyelenggaraan seminar ini merupakan implementasi dari penelitian dan ilmu pengetahuan yang ada, agar dapat disosialisasikan sehingga dapat dimanfaatkan bagi masyarakat luas.

Selanjutnya Rektor Unila, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A, IPM., Asean., Eng., dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada LP2M atas terselenggaranya kegiatan ini. Prof. Lusi juga berpesan agar seluruh peserta anggota IKPA Unila dapat terus semangat dan produktif saat memasuki masa pensiun.

“Saya berharap dengan kegiatan ini, dapat menggugah semangat dan keinginan peserta untuk berbuat yang lebih baik saat menikmati masa pensiun” ucapnya.

Kegiatan ini menghadirkan 2 narasumber yaitu Ir. Anshori Djausal, M.T., yang memaparkan materi tentang aktifitas fisik bagi lansia serta dr. Helmy Ismunandar, S.Ked., Sp.OT., dengan materi tentang optimalisasi kesehatan tulang pada masa usia emas guna meningkatkan gerakan masyarakat dalam Mewujudkan Indonesia Sehat.

Setelah sesi materi, acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama, pemotongan tumpeng, dan silaturahmi bagi seluruh anggota IKPA yang hadir. Rangkaian acara ini dilakukan sebagai bentuk perayaan ulang tahun IKPA yang ke-5.

Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi anggota Ikatan Keluarga Purnabakti Unila (IKPA) dalam menjalani kehidupan masa tua, dan menjadi ajang silaturahmi antar anggota.

Author: 
    author

    Related Post

    Must read×