Buku LKS Terindikasi Dijadikan Ajang Bisnis Oknum Guru SDN 1 Agung Jaya

968 views

Tulang Bawang,Sidakpost.

Sungguh ironis Meskipun Pemerintah telah membuat Larangan Ke Pihak Sekolah agar tidak Menjual buku LKS ke peserta didik ,sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolahan dan Penyelenggaraan Pendidikan, terutama pasal 181a. Sudah secara jelas tertulis mengenai larangan itu.

Yakni, pendidik dan tenaga kependidikan, baik persorangan maupun kolektif, dilarang menjual buku pelajaran, bahan ajar, perlengkapan bahan ajar, seragam sekolah, atau bahan pakaian seragam di satuan pendidikan. Namun masih saja ada Oknum Pihak Sekolah SDN 1 Agung Jaya kecamatan Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang ,Propinsi Lampung tergolong berani mengangkangi Peraturan yang telah di tetapkan Oleh Pemerintah.

Hal ini terungkap adanya keluhan dari Wali murid setempat kemarin 29/11/21 ,” kami wali murid harus merogoh kantong untuk membeli buku LKS senilai Rp .35 ribu .klau anak saya kelas 2 Mas , bayarnya sama guru kelas.setau saya buku buku ini sudah di tanggung pemerintah kan sudah ada Dana Bos. Kok masih disuruh bayar. Saya juga punya saudara di metro mereka di dikasih buku sama Pihak sekolah ngak pernah diminta duit untuk beli buku karena sudah ada Dana Bos,” Ujarnya mewanti wanti Awak media agar namanya tidak di sebutkan.

Hal senada juga diungkapkan Wali murid lainnya .,” saya punya dua orang anak yang sekolah disini kelas 1 dan kelas 5, keduanya disuruh beli buku LKS semua Mas..harganya sama juga baik kelas 1 dan Kelas 5 harga bukunya Rp .35 ribu. Sebagai orang tua ya kami manut aja Yang penting anak saya bisa belajar .kami juga bingung kok zaman pandemi Covid begini masih di Bebani bayar buku LKS,” Ujarnya dengan nada kecewa .

Diketahui jumlah Siswa dan Siswi SD N 1 Agung jaya sebanyak 376 peserta didik dgn Jumlah Guru 15 Orang dan dipimpin Kepala Sekolah bernama Heldalina.

Ketika hal ini akan dikonfirmasikan dengan Kepala Sekolah ,” tadi baru aja keluar Pak, pagi tadi buk helda masuk..tapi kami ngk tau keluar kemana ibuk kepala Sekolahnya,” Ujar buk Siti salah satu guru bidang study.

Klau terkait buku LKS langsung aja ke Kepala sekolah aja ya Pak ntar kami salah jawab ,” sambung guru lainnya.

Dihubungi Via hand phone Kepala Sekolah enggan mengangkat dicoba dikonfirmasi via WhatShap namun di Abaikan saja oleh Buk Helda selaku kepala sekolah.

Diharapkan kepada Dinas instansi terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan Tulang Bawang untuk segera memanggil Pihak sekolah SDN 1 Agung Jaya dan menindak tegas sesuai dengan peraturan perundang undang.***( Andi Irawan jaya)***

Author: 
    author

    Related Post