Penyerahan Sertifikat Tanah Kepada Warga Desa Genengan

67 views

Blitar Sidak Post

Penyerahkan 100 sertifikat kepada warga Desa Genengan Kecamatan Doko Kabupaten Blitar, pada Kamis (24/9/2020) dihadiri oleh Bupati Blitar Rijanto, dan dilakukan secara simbolis serta berkala.

Dari pembagian tersebut Desa Genengan dalam sertifikat program PTSL tahun 2019-2020 mendapatkan kuota lumayan banyak, yakni untuk 1.370 bidang.

Bupati Blitar Rijanto mengatakan, pembagian sertifikat ini merupakan program pemerintah pusat dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Dengan adanya program ini diharapkan bisa mengurangi angka kemiskinan. Contohnya, permasalahan tanah di Kabupaten Blitar dapat bisa diminimalkan.

“Jadi bagi warga yang sudah memiliki sertifikat, agar disimpan baik-baik. Jika di gunakan, gunakanlah untuk modal usaha. Karena dengan usaha nantinya bisa bermanfaat dan bisa menambah perekonomian,” kata Bupati Rijanto.

Rijanto menambahkan, Pemerintah Kabupaten Blitar sangat mengapresiasi kepada BPN maupun kelompok masyarakat (Pokmas), karena dengan adanya kerja keras mereka, pengumpulan dokumen bisa selesai secara maksimal.

“Selain itu, saya juga berpesan kepada penerima sertifikat supaya dimanfaatkan sebaik mungkin, seperti dijadikan jaminan di perbankan guna mengembangkan usahanya. Jangan sampai hanya untuk menuruti kabutuhan konsumtif,” imbuhnya.

Sementara Sendi selaku Sekdes Genengan saat dikonfirmasi menyampaikan, “sebenarnya ini tahun kemarin tetapi diajukan pada tahun ini, tahap ini yang tercetak 417 cuman karena ada protokol kesehatan hari ini kita bagikan 100 dulu dengan sistem protokol nanti 50 kemudian teknis kedua 50 lagi, dulu pengajuan keseluruhan 1.370 bidang, ini yang sudah kemarin 400 terus yang ini 417 kemudian tahun berikutnya 500 lagi. Harapanya dengan adanya PTSL ini semua tanah yang ada di desa bisa tergambar, luasnya bisa diketahui mempunyai kekuatan hukum, jadi ketika nanti ada permasalahan itu udah punya bukti yang autentik” tandasnya.

Selanjutnya Agus Yulianto sebagai kades desa Genengan mengatakan “intinya dalam proses pembagian tetap mematuhi protokol kesehatan, hal itu tetap saya utamakan karena dari 10 desa yang ada dikecamatan Doko, satu-satunya yang hijau adalah desa Genengan, jadi saya harus tetap mempertahankan itu. Terus untuk warga yang belum menerima sertifikat hari ini mohon bersabar, karena masih ada sampai hari rabu nantinya.@sony

Author: 
    author

    Related Post