Rektor dan Jajaran Wakil Rektor Kunjungi Pelaksanaan KKN di Kabupaten Mesuji

772 views

Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., beserta jajaran wakil rektor dan dosen pembimbing lapangan sentra Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengunjungi pelaksanaan KKN di Kabupaten Mesuji, pada Selasa, 30 Januari 2024.

Kegiatan KKN merupakan bagian integral dari tridarma perguruan tinggi yang dilaksanakan setiap tahun. Prof. Lusmeilia Afriani menyampaikan, kunjungan ini merupakan bentuk silaturahmi antara pimpinan Unila dan pemerintah daerah, dengan tujuan menjalin kolaborasi demi memberikan dampak positif bagi kedua pihak.

Prof. Lusi juga menyoroti program KKN Unila lebih menekankan pada penanaman rasa cinta terhadap tanah Lampung melalui pengalaman belajar langsung di masyarakat. Ini diharapkan dapat menghubungkan konsep-konsep akademis dengan realitas kehidupan sehari-hari.

“Program ini merefleksikan pengetahuan teori yang dipadukan dengan pengalaman di lapangan, yang mampu mematangkan kepribadian mahasiswa dan menumbuhkan rasa percaya diri dalam menjalani kehidupan sosial kemasyarakatan,” ujarnya.

Bupati Mesuji Drs. Sulpakar, M.M., menyambut hangat kedatangan kunjungan Rektor Unila. Ia menekankan, program KKN Unila menjadi jembatan sinergi antara instansi pendidikan dan pemerintah daerah Kabupaten Mesuji.

“Melalui kegiatan ini, masyarakat desa dapat terbantu dengan inovasi yang dilakukan mahasiswa,” ungkapnya.

Bupati juga berharap, mahasiswa dapat mengambil pembelajaran yang bermakna, membentuk kreativitas, kemandirian, menumbuhkan jiwa sosial, dan meningkatkan literasi pendidikan.

Dilaporkan bahwa jumlah mahasiswa KKN Unila Periode I Tahun 2024 di Kabupaten Mesuji mencapai 590 mahasiswa, yang tersebar di seluruh desa di kabupaten tersebut.

Selain melaksanakan program KKN, Unila bersama dengan Kabupaten Mesuji melakukan penandatanganan kerja sama antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unila dengan beberapa stakeholder Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mesuji, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Mesuji, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mesuji, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mesuji, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mesuji. [Daffa Alsa Pradika]

Author: 
    author

    Related Post