SDN 10 Lubuk Keliat Kini Punya Jamban Idaman Untuk Siswa dan Guru

530 views

Lubuk Keliat — Ogan Ilir-Sumsel — Sidakpost.co.id.–Berdasarkan pantauan kami dari media Sidakpost.co.id, bahwa sekarang terlihat di beberapa sekolah sedang dilaksanakan pembangunan jamban untuk siswa dan guru.

“Sudah banyak berupa bangunan fisik yang diberikan pemerintah untuk menunjang semua itu, salah satunya Sanimas, pamsimas dan jamban atau sanitasi di sekolah sekolah,Rabu'(18/12/19).

Hidup bersih dan sehat adalah idaman bagi setiap manusia, bahkan pihak pemerintah melalui dinas terkait selalu menghimbau masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

Herlyna S,pd kepala Sekolah Dasar Negeri 10 Lubuk Keliat desa Pailingkung kecamatan Lubuk Keliat, kabupaten Ogan Ilir-Sumsel menuturkan, bahwa dengan adanya bantuan dari Kemendikbud Pusat berupa bangunan jamban untuk siswa dan guru ini sangat lah berarti sekali, Rabu (18/12/2019).

“Bangunan jamban ini sangat membantu pihak sekolah dalam melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat”, ungkap Lyna.

Masih kata Lyna, “memang di sekolahnya sudah ada dua unit/ruangan toilet, satu diperuntukkan guru dan satunya lagi buat murid. Akan Tetapi itu jumlahnya masih kurangan sekali, dimana pas waktu istirahat para siswi akan berebut untuk menggunakan jamban tersebut, sedangkan para siswa atau murid laki laki untuk buang air kecil suka ke belakang bangunan sekolah, sehingga menimbulkan bau tak sedap”, imbuhnya.

“Untuk pembangunan jamban ini sumber dananya dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2019, sedangkan pengerjaannya secara swakelola, dengan cara begitu pembangunan jamban untuk siswa dan guru akan terjaga dengan baik kualitas bangunannya”, tutur Herlyna.

Sementara,Ditempat yang sama Ely Noviza salah satu guru mengatakan, sangat berterimakasih ke pihak pemerintah yang telah memberikan bangunan jamban tersebut.

Hal yang sama kami para siswa juga ikut bangga,merasa sangat senang sekali dan penuh rasa syukur dituturkan murid di sekolah, bahwa dengan adanya Banguan jamban yang baru akan membuat nyaman dan nyaman bagi dia dan teman temannya, berharap tidak ada lagi murid laki laki yang kencing disembarang tempat, juga agar bisa menjaga kebersihan jamban tersebut, tutur Echa Wulan Ramahani dan Rizky Pratama murid kelas 4 dan 5 di SDN 10 Lubuk Keliat tersebut.

Ditambahkan Kepsek Herlyana S,pd menyampaikan,kami sangat berterima kasih kepada Kemendikbud dan pemerintah pusat yang sudah memberikan bantuan pembangunan jamban baru di SD kami kecamatan Lubuk Keliat ini.respon masyarakat sangat luar biasa sebab ada penyerapan tenaga kerja yang diambil dari masyarakat sini.jadi melalui proyek ini sangatlah bermanfaat,dari segi kelebihan dana dan material bisa untuk membangun segi kecil ringan lainnya,seperti contohnya lahan parkir,kantin sehat dan bisa untuk memperbaiki(rehabilitasi) bangunan yang rusak lainnya”,tutupnya Kepsek Lyna.

Author: 
    author

    Related Post