Rundown Program Ketahanan Pangan Berbasis RT, Desa Ploso Arang Kecamatan Sanan Kulon Kab. Blitar

371 views

Blitar Sidak Post Pemerintah Kabupaten Blitar, Kecamatan Sanankulon, Desa Ploso Arang. Beralamatkan DiJln Raya Blitar Tulung Agung No: 84 Kode pos:66151
Kepala desa Ploso arang (Jemik) memaparkan rencana kerja kepada awak media secara transfaran”, Dalam jumpa pers, kepala desa melounching program ketahanan pangan berbasis Rt, Desa Ploso arang. Pemaparannya dari kepala desa pada hari selasa 19-07-2022 akan dilaksanakan kegiatan pendistribusian bantuan kepada masyarakat desa Ploso arang. di tiga dusun yang ada didesa Ploso arang.

Dalam acara tersebut dihadiri Kepala Desa Ploso Arang, Beserta perangkat. Camat, Drs Achmad Basuki,M.si, selaku pembina tingkat satu.Pendamping Kecamatan Sanan kulon, Pendamping tenaga medis puskesmas Sanan kulon. Kapten Sulistiyono, Komandan Koramil Sanan kulon beserta jajaran, Sertu Suroto, Babinsa desa Ploso arang, Polsek Sanan kulon, Ibu Duta Digital Desa kecamatan Sanan kulon, Ketua BPD beserta Anggota, Ketua LPMD beserta anggota, Kelapa dusun Ploso arang,mojo dan cangkring, 17 RT dan RW, Dan masyarakat desa Ploso arang, Acara dimulai dari jam 08.00 hingga selesai. Persiapan, absensi. Dan pembagian Snack yang dilakukan panitia pelaksana.
Pembukaan pelaksana panitia di bawa oleh Bapak Ahmadi sebagai pembawa acara.

Kegiatan diadakan dipendopo balai desa Ploso arang. Sebelum acara dimulai para tamu undangan dimohon berdiri untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Yang dipimpin oleh ibu kusna.acara Selanjutnya sambutan Bapak kepala desa”, Dalam sambutannya Kepala desa Ploso arang menyampaikan Kinerjanya Kepada Bapak camat Sanan kulon. Pada kesempatan pada hari ini Selasa 19 Juli 2022 Pemerintah desa Ploso arang Menyiapkan program Ketahanan pangan yang berbasis Rt, untuk desa Ploso arang, yang terdiri dari tiga dusun.Kami pemerintah desa Ploso arang meningkatkan perekonomian dan sumberdaya masyarakat, Untuk membuat stabilitas pemulihan perekonomian berskala nasional. Karena beberapa tahun ini diseluruh bangsa dan Negara kita tercinta ini terkena wabah virus covid 19. Virus PMK yang juga menyerang peliharaan para petani diseluruh dunia, dampak dari kejadian tersebut yang sangat dirasakan masyarakat kecil maupun besar, menurunnya perekonomian Indonesia merosot dratis, dan berskala besar.
“Mudah mudahan dengan apa yang diprogramkan pemerintah desa Ploso arang bisa berjalan dengan baik, sukses seperti apa yang diharapkan”, tutur kepala desa.
“Kehadiran bapak ibu sekalian dimohon do’a restunya semua.
Kepala desa juga menghimbau agar masyarakat jangan terlena, tetap waspada,patuh terhadap aturan dan peraturan pemerintah yang di tekankan untuk tetap mematuhi aturan Prokes. Pakai masker, mencuci tangan setelah melakukan kegiatan apapun. pakai sabun dan air yang bersih.
Kepala desa juga menyampaikan aspirasi masyarakat, mewakilinya untuk menyampaikan pada Bapak camat dan muspika kecamatan Sanan kulon, jelas maksud dan tujuannya.”Tutur Kepala Desa Ploso Arang (Jemik)

Acara selanjutnya sambutan dari Bapak camat Sanan kulon, Drs Achmad Basuki Wibowo M.si selaku pembina tingkat satu.
Pak camat menyampaikan terima kasih atas undangan, Alhamdulillah beliau panjatkan puji syukur kehadirat ilahi, Bisa hadir ditengah tengah masyarakat desa Ploso arang. Dan tidak kurang suatu apapun.pak camat menyampaikan kepada pak kades mendukung sepenuhnya dengan apa yang dilakukan hari ini.tapi jangan lupa,” setelah apa yang dilakukan hari ini, tingkatkan jangan hanya baik di awal. terus kembangkan, dalam mengimplestasikan sumber daya masyarakat ini. Ketahanan pangan sangat penting untuk di perhatikan untuk stabilitasi pemulihan perekonomian bangsa kita. Mohon juga dijaga kebersihan lingkungan dari pencemaran, keamanan, dan kesehatan. seperti apa tadi yang telah disampaikan kepala desa.
Yang kedua, jangan lupa selalu tanggap membayar iuran pajak dan tepat waktu, karena itu dari rakyat kita kembalikan kemasyarakat lagi.
Saat covid 19 pemerintah desa juga telah melaksanakan pendistribusian bantuan, itu lewat PKH, atau BLT. juga setiap satu Minggu sekali melakukan penyemprotan satu Minggu dua kali di lingkup desa Ploso arang.
Pada saat ini pemerintah desa Ploso arang mengimplestasikan, memperiotaskan ketahanan pangan untuk masyarakat desa Ploso arang.”Tutur camat Sanan kulon pada saat itu di hadapan awak media dan masyarakat desa Ploso arang

Acara selanjutnya penyerahan bantuan Barang pada kelompok Tani masyarakat desa Ploso arang,
Yang menyerahkan barang tersebut, camat Sanan kulon, penerima RT 02/ RW 01 dusun mojo, yang kedua menyerahkan barang kepada RT 01 /RW 05. dusun cangkring. penditribusian barang yang lain langsung dikirim kealamat RT masing masing, nabati untuk dusun mojo sepuluh rt, ditambah dusun Ploso tiga RT. Untuk Hewani 7 RT, enam di dusun cangkring, satu di dusun Ploso. Didesa Ploso arang terdiri dari 3 dusun, tuju belas RT, Lima RW. Kelompok tani dibagi tuju belas kelompok tani karya muda RT 01/RW 01, Arjuna RT 02/RW 01.
Setelah acara penyerahan selesai ditutup dengan do’a.

Acara selanjutnya,”Berkunjung kelokasi kerja kelompok tani di rt 01,RW 05 dusun mojo.
Rombongan tiba di dusun mojo disambut antusias oleh masyarakat dusun mojo. Untuk penanaman bibit sawi Pertama, warga meminta Bapak camat untuk menanam, di teruskan kepala desa, komandan Koramil, dan warga pembina tempatan.hingga selesai. Selesai sejenak sambil istirahat menikmati hidangan yang disediakan masyarakat dusun mojo. kelihatan sayuk,rukun dan dekat antara pemerintah dan masyarakatnya.

Setelah dianggap cukup rombongan berpindah ke dusun sebelah, dusun cangkring RT 01, RW 05. untuk melihat hasil laporan dari pembina kelompok tani yang menangani di perikanan.
Lagi lagi rombongan disambut antusias lagi oleh warga yang berdatangan. Camatpun diminta salah satu warga binaan Untuk Selfi bareng bersama bapak camat dan rombongan dari kepala desa Ploso arang.”pembina pertanian dan warga minta untuk bapak camat melepas benih ikan lele, sambil mendengarkan apa yang disampaikan pembina petani ikan yang ada di dusun cangkring saat ini.warga juga menyuapi hidangan dari hasil bumi yang mereka tanam di sawah dan kebun.setelah selesai kegiatan dan istirahat sejenak untuk makan hidangan yang telah disediakan oleh masyarakat cangkring,” semoga sukses dan berkembang dengan baik, Tutur camat sebelum meninggalkan tempat. Rangkaian acara demi acara sudah berjalan dengan baik, dan masih mengikuti prokes, acara berjalan dengan baik dan aman. A priono

Author: 
    author

    Related Post